Sabtu, 10 November 2012

PI (Penelitian Ilmiah) Mengubah Kelemahan menjadi Keyakinan


Menjadi seorang sarjana yang lulus dengan predikat memuaskan adalah impian bagi setiap mahasiswa. Tetapi untuk mencapai predikat memuaskan perlu melewati setiap tahap yang telah ditentukan oleh sebuah Universitas atau tempat para mahasiswa itu belajar. Saya mungkin contoh kecil dari mahasiswa yang berkeinginan menjadi sarjana tepat waktu atau dengan kata lain hanya dalam jangka waktu 4 tahun saya lulus dari Universitas tersebut.
Saya mempunyai target lulus menjadi seorang sarjana dalam waktu 4 hingga 4,5 tahun. Tetapi setengah perjalanan saya belajar atau dalam kurun waktu 2 tahun, seperti kebanyakan remaja sekarang ini saya tidak pernah memikirkan “jikalau lulus nanti mau jadi seperti apa dirimu ?”. Saat belajar saya tidak pernah memfokuskan diri untuk mengikuti materi kuliah yang diajarkan, hanya datang ke kampus lalu berkumpul bersama teman, kemudian pulang ke rumah. Saya tidak pernah berfikir bagaimana perasaan orang tua saya jika tahu bahwa saya tidak pernah serius untuk membanggakan mereka. Kenyataan bahwa saya hanya berusaha setengah dari apa yang saya miliki memang sepenuhnya benar, tidak pernah berusaha semaksimal mungkin.

Setelah memasuki perkuliahan 1 tahun sebelum sidan PI (Penelitian Ilmiah), saya dihadapkan dan disadarkan untuk menujukkan bahwa saya bisa memberikan dan menujukkan apa yang ada didalam diri saya. Jika saya bersikap seperti 2 tahun belakangan ini, mungkin saya tidak akan pernah mengetahui sampai kapan saya harus menyembunyikan apa yang saya punyai. Melalui beberapa perantara yang memberikan kesadaran penuh akan tanggung jawab untuk berbakti kepada kedua orang tua dan kepada mereka yang merawat, mengajarkan, dan memberikan kasih sayang kepada saya selama ini. Saya akan membuat mereka bangga, dan saya yakin dapat menyelesaikan perkuliahan dengan hasil yang memuaskan. Ilmu memang lebih berharga dari apapun, apapun bentuk ilmu itu dan dalam bidang apapun ilmu itu bergerak dan berkembang. 



“Keep Learn, Keep Silent n Keep Smile”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar